Lomba Membuat Komik 2017: Ajang Berbakatnya Para Seniman Indonesia

Halo, Pencinta Komik!

Siapa bilang membuat komik adalah hal yang mudah? Bagi para seniman Indonesia, menjadi pemenang dalam Lomba Membuat Komik 2017 adalah impian yang dikejar-kejar. Lomba ini diadakan setiap tahunnya sebagai ajang untuk menemukan dan memperkenalkan bakat-bakat baru dalam dunia komik. Tahun ini, Lomba Membuat Komik 2017 digelar kembali dan siapa tahu, mungkin kamu bisa menjadi salah satu pemenangnya!Sebelum kita membahas lebih dalam tentang Lomba Membuat Komik 2017, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu komik dan sejarah perkembangannya.

Apa Itu Komik?

Komik adalah bentuk sastra yang menggunakan gambar sebagai media utamanya. Komik biasanya menggunakan celana atau balon percakapan yang menunjukkan dialog antar karakter. Komik menjadi sangat populer terutama di Jepang dan Amerika Serikat. Hampir semua orang sudah pernah membaca komik, baik itu cerita tentang superhero, kisah romantis atau komedi.

Sejarah Komik

Komik tidak hanya populer di masa kini, tetapi juga sudah ada sejak zaman dahulu. Bentuk awal komik berasal dari karya seni rupa Mesir Kuno dan Romawi, yang menceritakan kisah-kisah mitologi dan agama. Pada abad ke-16, komik mulai berkembang di Eropa melalui karya-karya karikatur. Kemudian, pada tahun 1930-an, komik mulai populer di Amerika Serikat dan Jepang, lalu menyebar ke seluruh dunia.

Lomba Membuat Komik 2017

Lomba Membuat Komik 2017 adalah ajang bergengsi untuk para seniman Indonesia. Lomba ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia. Lomba ini memiliki beberapa kategori, seperti kategori siswa, umum, dan profesional. Para peserta diminta untuk membuat satu atau beberapa bab dari komik dengan tema yang telah ditentukan.

Hadiah Lomba

Lomba Membuat Komik 2017 menawarkan hadiah menarik bagi para pemenangnya. Selain memenangkan hadiah uang tunai, para pemenang juga akan mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan studio komik ternama di Indonesia. Lomba ini juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk dikenal oleh para pencinta komik di seluruh Indonesia.

Syarat dan Ketentuan Lomba

Untuk mengikuti Lomba Membuat Komik 2017, para peserta harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan, antara lain:1. Peserta harus berusia minimal 12 tahun.2. Peserta dapat mengikuti lomba secara perorangan atau dalam kelompok dengan maksimal 5 orang anggota.3. Peserta harus membuat satu atau beberapa bab dari komik dengan tema yang telah ditentukan.4. Batas pengiriman karya adalah tanggal 30 Juni 2017.5. Karya yang diikutsertakan dalam lomba harus asli dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Kelebihan Lomba Membuat Komik 2017

1. Lomba Membuat Komik 2017 memberikan kesempatan bagi para seniman Indonesia untuk memperkenalkan bakat mereka dan dikenal oleh para pencinta komik di seluruh Indonesia.2. Lomba ini menawarkan hadiah menarik bagi para pemenangnya, seperti uang tunai dan kesempatan untuk bergabung dengan studio komik ternama di Indonesia.3. Tema lomba yang selalu berbeda setiap tahunnya membuat para peserta dapat mengasah kreativitas dan imajinasi mereka.

Kekurangan Lomba Membuat Komik 2017

1. Lomba ini hanya dapat diikuti oleh para seniman Indonesia, sehingga tidak memberikan kesempatan bagi seniman dari luar negeri untuk berpartisipasi.2. Para peserta harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan, seperti batas waktu pengiriman karya yang membatasi para peserta untuk mengembangkan ide mereka secara optimal.

Tabel Informasi Lomba Membuat Komik 2017

Tanggal Pembukaan Pendaftaran 1 Januari 2017
Tanggal Penutupan Pendaftaran 30 Juni 2017
Tanggal Pengumuman Pemenang 1 Agustus 2017
Kategori Lomba Siswa, Umum, Profesional
Hadiah Lomba Uang tunai, kesempatan bergabung dengan studio komik ternama
Alamat Pengiriman Karya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gedung C, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta
Informasi Pendaftaran www.kemdikbud.go.id/lombakomik2017

Pertanyaan Umum tentang Lomba Membuat Komik 2017

1. Apa tema yang ditentukan untuk Lomba Membuat Komik 2017?2. Siapa saja yang dapat mengikuti Lomba Membuat Komik 2017?3. Apakah peserta dapat mengirimkan beberapa karya dalam satu lomba?4. Apa hadiah yang ditawarkan bagi para pemenang Lomba Membuat Komik 2017?5. Bagaimana cara mendaftar untuk mengikuti Lomba Membuat Komik 2017?6. Kapan batas pengiriman karya untuk Lomba Membuat Komik 2017?7. Bagaimana cara peserta mengetahui apakah karyanya telah diterima atau tidak?

Kesimpulan

Lomba Membuat Komik 2017 adalah ajang bergengsi untuk para seniman Indonesia dalam mengasah bakat mereka di bidang komik. Lomba ini menawarkan hadiah menarik bagi para pemenang dan memberikan kesempatan bagi para peserta untuk dikenal oleh para pencinta komik di seluruh Indonesia. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, Lomba Membuat Komik 2017 tetap menjadi ajang yang dinantikan oleh para seniman Indonesia.Bagi kamu yang memiliki bakat dalam menggambar dan menulis cerita, jangan lewatkan kesempatan untuk ikut serta dalam Lomba Membuat Komik 2017. Siapa tahu, kamu bisa menjadi salah satu pemenangnya dan dikenal oleh para pencinta komik di seluruh Indonesia.

Disclaimer

Artikel ini dibuat semata-mata untuk keperluan SEO dan ranking di mesin pencari Google. Segala informasi yang disajikan dalam artikel ini bersumber dari berbagai sumber terpercaya dan telah dibuktikan kebenarannya. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan atau kekurangan informasi yang mungkin terdapat dalam artikel ini.